Rabu, 06 Oktober 2010

KPK GAET BEM KM UNAND SIDAK INSTANSI PELAYANAN PUBLIK

omisi pemberantasan korupsi melakukan Inspeksi Mendadak ke instansi pemerintah yang melakukan pelayanan publik. Sidak ini dilakukan dua hari dimulai pada hari senin dan selasa (30-31 Agustus 2010) dalam sidak nya kali ini, Komisi pemberantasan korupsi mengikutsertakan Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Andalas
Tim Sidak yang terdiri dari Satu Orang Fungsionaris KPK deputi Pencegahan Yudi Purnomo Harahap di dampingi oleh Presiden Mahasiswa BEM KM UNAND Edi Kurniawan dan Mentri Luar Negeri BEM KM UNAND Berly Surya Dharma dan ikut juga dalam rombongan beberapa pengurus BEM Fakultas Universitas Andalas.
Sidak yang bertujuan melihat proses pelayanan publik yang ada di kota padang, di hari pertama sidak dilakukan dikantor Imigrasi dijalan Khatib Sulaiman dan setelah itu dilanjutkan ke Kantor Bersama Samsat di depan gor H. Agus salim Padang. Setelah itu rombongan langsung bertolak ke sekretariat BEM KM Unand guna melakukan diskusi singkat terkait dengan korupsi bersama mahasiswa baru Universitas Andalas. Pada kesempatan ini, KPK juga membagikan Buku Buku mengenai korupsi kurang lebih sekitar 300 Lembar dan menyebarkan Stiker Anti korupsi.
Hari Kedua, Rombangan KPK dan BEM KM UNAND menuju Badan Pertanahan Negara. Dilanjutan ke Dinas Pendidikan Kota di jalan Tan Malaka kemudian di akhiri di Unit Pelayanan Terpadu di Jalan Lubuk begalung. “KPK tidak hanya menanggap Koruptor dan menyidangnya, Tapi KPK juga punya usaha usaha preventif terhadap korupsi Sidak ini bertujuan untuk melihat bagaimana fungsi pelayanan publik berjalan dengan baik, dan ini merupakan salah satu fungsi KPK dalam hal pengawasan terhadap pelayan publik. Hari ini banyak kita temui permasalahan permasalahan yang membuat pelayanan publik kurang terlihat rapi dan nyaris di beberapa tempat terlihat “crowded” sistem dan tempat pelayanannya, dan bahkan ada masyarakat yang melaporkan adanya pungutan liar di Beberapa instansi tersebut ” Ujar Yudi. Ditambahkannya juga bahwa “Mahasiswa merupakan kaum intelektual, dan seharusnya lah mahasiswa juga terlibat dengan hal ini, karena salah satu dari 3 fungsi mahasiswa itu adalah Social Control”
Nada serupa Juga dilontarkan Presiden Mahasiswa BEM KM UNAND “BEM KM UNAND sangat mendukung segala hal yang sifatnya berpihak kepada kepentingan rakyat, dan hari ini kita membuktikan fungsi kita sebagai mahasiswa” ujuarnya..
Dikesempatan yang sama, Berly Surya Dharma selaku Mentri Luar Negeri BEM KM UNAND yang notabene menggawangi urusan Sosial Politik mengungkapkan” korupsi telah mendarah daging di indonesia, kita coba merancang sebuah sistem pendidikan anti korupsi dan ini akan kita coba ejawantahkan dalam program Departemen Luar Negeri BEM KM UNAND dalam Bentuk Sekolah Anti Korupsi, mudah mudahan dalam waktu dekat bisa terealisasi, apalagi kita didukung penuh oleh komisi pemberantasan korupsi” Ujar Berly.
Dalam kesempatan kali ini, kpk juga menempelkan beberapa peringatan peringatan yang sifatnya mengingatkan hal hal apa saja yang termasuk kategori korupsi di semua instansi pemerintahan yang terkait kepada pelayanan publik tersebut (bsd/081374019015)

1 komentar: